Rabu, 12 Desember 2012

Nasdaq Menangkan Sengketa Domain

Bursa saham terbesar kedua di dunia setelah NYSE ini akhirnya memenangkan empat domain lain dengan unsur nama Nasdaq yang sudah dimiliki oleh Cybersquater sebelumnya. Grup asal Toronto, Canada adalah pemilik sebelumnya.
Kasus sengketa domain Nasdaq tersebut diputuskan kemarin (09/10/2001) dimana yang digugat adalah Green Angel (GA), sebuah
kelompok asal Toronto, Canada. Kelompok Green Angel sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh World Intellectual Property Organization dinyatakan telah bersalah memiliki empat domain untuk kepentingan pribadi dan merugikan pihak lain yang dicatut namanya. Pihak lain yang dirugikan tersebut adalah bursa saham Nasdaq yang unsur namanya memang tercantum dalam empat domain yang menjadi sengketa.
GA menggunakan keempat domain tersebut untuk kepentingan memacu periklanan usaha penjualan buku lewat situs yang mereka miliki. Keempat domain yang akhirnya diputuskan menjadi milik Nasdaq tersebut masing-masing adalah nasdaqstockexchanges.com , nasdaqstockmarket.com , nasdaqamexstockexchange.com dan nasdaqexchanges.com. Green Angel diberi waktu selama 10 hari untuk menyerahkan domain tersebut kepada Nasdaq yang sesuai hukum menjadi pemilik resmi sejak kasus tersebut diputuskan.
Nasdaq sendiri sudah mendaftarkan merek dagang mereka dengan unsur kata 'Nasdaq' sejal tahun 1970 di departemen perdagangan AS. Sejak tahun 1993 Nasdaq sudah mendaftarkan nama domain 'nasdaq.com'.

Sumber: http://www.mnemoniclabs.com/company/artikel/sengketa_domain_nasdaq.php

Tidak ada komentar:

Posting Komentar