Senin, 10 Desember 2012

Domain Saya Kena Pelanggaran Trademark Amazon


Oleh: Eko Susilo
Sebenarnya sudah saya rasakan kegaluan ini dari beberapa hari yang lalu setelah denger santer2-nya informasi tentang nama domain trademark, tapi karena sudah terlanjur kebeli dan coba saya aplikasikan dengan software APM akhirnya untuk awal pencegahan kemarin saya re-palece semua ID affiliat saya dengan akun baru. Dan ternyata kegaluan yang saya rasakan akan kehilangan domain itu benar benar terjadi dengan datangnya teguran/pemberitahuan via email oleh amzon yang intinya satu nama domain yang telah saya daftarkan itu telah melanggar Trademark atau merek dagang mereka.

Isi dari email tersebut setelah saya translate kurang lebih begini :
Sayang Associate,
Kami memiliki masalah yang perlu segera diatasi.
Kami melihat bahwa Anda menggunakan AMAZONBESTPRODUCT.NET nama domain. Program Associates Perjanjian Pengoperasian melarang penggunaan merek dagang Amazon, atau salah eja atau variasi merek dagang Amazon, dalam nama domain.
Kami membutuhkan Anda untuk menemukan nama domain baru yang tidak melanggar Perjanjian Associates Program Operasi dan mentransfer konten Anda ke situs baru Anda dalam waktu tujuh berikutnya (7) hari. Harap memberitahu kita sekali Anda melakukannya dengan menggunakan formulir Hubungi Kami tersedia di sini – https://affiliate-program.amazon.com/gp/associates/contact.
Setelah kami mendengar dari Anda, Amazon akan mengatur untuk membeli domain AMAZONBESTPRODUCT.NET Anda untuk harga pendaftaran awal, asalkan Anda setuju untuk tidak mendaftarkan domain lainnya yang mengandung merek dagang Amazon, atau salah eja atau variasi yang menggunakan merek dagang.
Jika Anda tidak mengubah nama domain Anda, kami akan dipaksa untuk menutup akun rekan Anda dan menahan pembayaran semua biaya iklan sesuai dengan perjanjian operasi program afiliasi.
Sementara kami sangat menghargai antusiasme Anda untuk merek kami, kami memiliki tanggung jawab untuk memantau bagaimana orang lain menggunakan merek dagang Amazon. Kami jelas ingin menghindari kebingungan di kalangan pelanggan yang melihat nama domain Anda dan salah menganggap bahwa website Anda dan isinya disponsori atau ditulis oleh Amazon.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan meninjau Associates Program Perjanjian Usaha – https://affiliate-program.amazon.com/gp/associates/agreement. Harap dicatat bahwa kebijakan merek dagang kami juga mencakup nama pengguna, nama grup, atau pengenal lainnya pada situs web jaringan sosial.
Kami menghargai kerjasama dan perhatian yang cepat untuk masalah ini. Kami berharap dapat mendengar dari Anda dalam waktu satu minggu.
Terima kasih.
Salam,
Gary – Associates Spesialis Rekening
http://www.amazon.com
Ya jelas sekali nama domain tersebut adalah “AMAZONBESTPRODUCT.NET”, sebuah nama domain yang jelas melanggar TRADEMARK. Domian tersebut saya beli di NameCheap.com sebesar $1.99 pada saat ada promosi di facebook kemarin itu, yang ternyata belum genap satu bulan sampai saat ini :(
Tanpa pikir panjang saya coba langsung kirim email ke AMAZON tentang persetujuan saya untuk tidak menggunakan nama domain tersebut dan merelakan mereka ganti sesuai kerugian saya untuk membeli domain tersebut. Juga  setuju tidak akan mendaftar nama domain yang melanggar TRADMARK mereka seperti nama AMAZON, KINDLE dan merek dagang lainnya yang memang jelas dilarang.
Dari sini saya mendapat pelajaran untuk lebih berhati2 dalam memilih sebuah nama domain yang akan saya gunakan untuk bisnis internet apapun agar jauh dari merek2 dagang yang memang saat ini dilarang undang2 TRADEMARK.

Sumber: http://ekosusilo.com/domain-saya-kena-pelanggaran-trademark-amazon/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar