Pada beberapa postingan sebelumnya, saya pernah menulis tentang
cara-cara membangun merek yang bernilai tinggi serta rahasia untuk
membesarkan merk tersebut. Nah sekarang, apa sebenarnya pengaruh merek
yang kuat itu terhadap bisnis Anda sendiri?
Pengaruhnya sudah jelas, dapat mempercepat pertumbuhan usaha serta
memperoleh kesuksesan. Sejatinya proses membangun merk bukan hanya
dimaksudkan untuk usaha yang sudah besar atau mapan saja, namun proses
ini juga tidak kalah penting bagi para pemilik usaha kecil yang sedang
berusaha membangun bisnis mereka.
Maka, sudah sewajarnyalah jika para pelaku usaha kecil
menginvestasikan sumber daya mereka untuk membangun merk yang bernilai
tinggi. Karena bagaimanapun juga, merk anda merupakan ciri unik bisnis
anda.
Lalu, apa pengaruhnya mempunyai merk yang kuat bagi bisnis? Mengapa
merk merupakan hal yang begitu penting untuk dimiliki? Berikut ini
adalah beberapa diantaranya:
1. Membuat bisnis menjadi unik dan lebih cepat dikenal
Bagi sebuah bisnis kecil yang mungkin tidak mempunyai anggaran
pemasaran yang cukup besar, memiliki merk yang kuat mampu membuat bisnis
tersebut menjadi terlihat unik dan menonjol dibandingkan dengan bisnis
sejenis yang ada dipasaran.
Contohnya seperti yang dilakukan oleh keripik singkong pedas Maicih
dari kota Bandung. Saat awal membangun usaha, sudah tentu Maicih tidak
mempunyai anggaran promosi yang besar untuk memperkenalkan keripiknya ke
calon pelanggan. Namun, dengan cerdik Maicih menggunakan social media
Twitter untuk melakukan kegiatan promosinya.
Karena promosinya yang terbilang unik dan ditambah dengan produk yang
juga terbilang unik, dalam waktu satu tahun Maicih sukses membangun
merknya sebagai produsen keripik pedas yang digandrungi anak muda
seantero Bandung.
Intinya, merk yang kuat akan membuat nilai yang anda tawarkan menjadi terlihat lebih jelas dan berbeda dari pesaing anda.
2. Membangun kepercayaan pelanggan
Pernahkah anda berpikir mengapa kira-kira pelanggan anda mau membeli
produk atau jasa yang anda tawarkan? Apa karena kualitas produk anda
yang tinggi? Atau karena layanan pelanggan anda yang nyaris tanpa cela?
Atau karena bisnis anda yang memang unik?
Apapun itu, semua poin diatas pasti tetap menjadi pertimbangan para
pelanggan sebelum mereka melakukan pembelian terhadap produk atau jasa
anda. Namun, alasan utama mereka mau membeli dari anda adalah karena
mereka mempercayai anda.
Pelanggan cenderung tidak mau mengambil banyak resiko saat akan
melakukan pembelian dengan bisnis yang masih berskala kecil. Mereka
hanya mau bertransaksi dengan bisnis yang kelihatannya sudah lebih mapan
dan terpercaya. Jika demikian, bagaimana caranya membangun kepercayaan
para pelanggan?
Bangunlah merk anda dengan proses branding yang baik. Lakukan inovasi
secara rutin namun tetap fokus. Lakukan komunikasi secara teratur
dengan pelanggan anda. Dengan cara demikian, kepercayaan pelanggan akan
cepat terbentuk dan anda akan semakin mendapat banyak referensi calon
pelanggan baru dari basis pelanggan lama anda.
Merk yang kuat akan membentuk persepsi yang baik pada pelanggan anda.
3. Menjalin hubungan penting terhadap berbagai pihak
Walaupun masih berukuran kecil, namun sebuah bisnis tetap harus
menjalin hubungan yang baik terhadap pihak-pihak lain yang
berkepentingan seperti misalnya pemasok, distributor, media, investor,
perbankan, pemerintah lokal dan lain sebagainya. Mengapa demikian?
Karena cepat atau lambat, anda pasti akan melakukan hubungan bisnis
dengan berbagai pihak diatas. Apakah dalam mencari jaringan distribusi,
mencari pemasok yang berkualitas, mencari investor dan masih banyak lagi
hal lainnya.
Dan dengan memiliki sebuah merk yang kuat dan terpercaya, anda akan
lebih mudah untuk melakukan kerjasama dengan siapapun juga. Karenanya
hal ini dapat dicapai jika merk yang anda bangun mempunyai nilai yang
jelas dan mempunyai mutu yang tinggi.
4. Bisa mendatangkan tenaga kerja yang tepat
Masalah klasik yang sering menimpa pelaku usaha kecil adalah sulitnya mendapatkan tenaga kerja yang tepat dan berkualitas.
Bukan karena tenaga kerja seperti itu terbatas, namun lebih
dikarenakan bisnis yang sedang anda bangun belum mempunyai ‘gengsi’ yang
tinggi.
Karenanya, sebuah merk yang kuat akan mampu membuat banyak calon
tenaga kerja berkualitas tertarik untuk bergabung dengan bisnis anda.
Mereka yakin dan percaya pada visi dan misi yang anda tanamkan di
bisnis tersebut. Dan mereka mau berjuang bersama anda untuk membangun
bisnis itu sampai tumbuh dengan besar.
Kesimpulannya adalah, membangun merk yang kuat sedari awal seyogyanya
dilakukan oleh para pemilik usaha. Karena bagaimanapun juga, membangun
sebuah merk merupakan sebuah langkah penting yang wajib untuk dipikirkan
saat akan membangun usaha. Merk yang kuat akan membentuk citra yang
baik bagi bisnis yang anda bangun. Sekarang, bagaimana dengan bisnis
anda? Sudah kuatkah merk yang anda bangun?
Artikel ini diambil dari blog PengusahaKreatif.com dengan judul yang sama
Sumber: http://the-marketeers.com/archives/pengaruh-merek-yang-kuat-pada-bisnis-anda.html
Salam Sukses,
BalasHapusJangan asal mendaftarkan merek,paten,hak cipta,desain industri,serta rahasia dagang.mengingat lamanya waktu yang di butuhkan untuk mendapatkan sertifikat merek.pastikan prosedur pendaftaran merek,paten,desain Industri,dan hak cipta anda benar agar tidak terhambat usul tolak.BAYANGKAN dan HITUNG berapa Biaya Promo serta waktu yang sudah anda habiskan demi innovasi merek tesebut yang ternyata merek tersebut terhambat usul tolak.
konsultasikan terlebih dahulu perihal merek dagang pada http://www.ipindo.com/ konsultan hki terdaftar.
Ipindo konsultan HKI terdaftar juga melayani jasa perpanjangan merek,pengalihan merek, jasa pendaftaran paten atau invensi (penemuan technology serta Proses), pemeliharaan paten,pendaftaran desain industri,pendaftaran hak cipta,lisensi bisnis,konsultasi bisnis dan permasalahan hki secara online.
untuk mempermudah serta meningkatkan image brand anda,layanan satu atap kami dapat membantu anda dalam hal: desain logo,design packaging/kemasan,corporate identity,dan website.di http:www//ipbranding.co/