Selasa, 16 April 2013

Pengaruh Merek yang Kuat Pada Bisnis Anda

Pada beberapa postingan sebelumnya, saya pernah menulis tentang cara-cara membangun merek yang bernilai tinggi serta rahasia untuk membesarkan merk tersebut. Nah sekarang, apa sebenarnya pengaruh merek yang kuat itu terhadap bisnis Anda sendiri?
Pengaruhnya sudah jelas, dapat mempercepat pertumbuhan usaha serta memperoleh kesuksesan. Sejatinya proses membangun merk bukan hanya dimaksudkan untuk usaha yang sudah besar atau mapan saja, namun proses ini juga tidak kalah penting bagi para pemilik usaha kecil yang sedang berusaha membangun bisnis mereka.

Maka, sudah sewajarnyalah jika para pelaku usaha kecil menginvestasikan sumber daya mereka untuk membangun merk yang bernilai tinggi. Karena bagaimanapun juga, merk anda merupakan ciri unik bisnis anda.
Lalu, apa pengaruhnya mempunyai merk yang kuat bagi bisnis? Mengapa merk merupakan hal yang begitu penting untuk dimiliki? Berikut ini adalah beberapa diantaranya:
1. Membuat bisnis menjadi unik dan lebih cepat dikenal
Bagi sebuah bisnis kecil yang mungkin tidak mempunyai anggaran pemasaran yang cukup besar, memiliki merk yang kuat mampu membuat bisnis tersebut menjadi terlihat unik dan menonjol dibandingkan dengan bisnis sejenis yang ada dipasaran.
Contohnya seperti yang dilakukan oleh keripik singkong pedas Maicih dari kota Bandung. Saat awal membangun usaha, sudah tentu Maicih tidak mempunyai anggaran promosi yang besar untuk memperkenalkan keripiknya ke calon pelanggan. Namun, dengan cerdik Maicih menggunakan social media Twitter untuk melakukan kegiatan promosinya.
Karena promosinya yang terbilang unik dan ditambah dengan produk yang juga terbilang unik, dalam waktu satu tahun Maicih sukses membangun merknya sebagai produsen keripik pedas yang digandrungi anak muda seantero Bandung.
Intinya, merk yang kuat akan membuat nilai yang anda tawarkan menjadi terlihat lebih jelas dan berbeda dari pesaing anda.
2. Membangun kepercayaan pelanggan
Pernahkah anda berpikir mengapa kira-kira pelanggan anda mau membeli produk atau jasa yang anda tawarkan? Apa karena kualitas produk anda yang tinggi? Atau karena layanan pelanggan anda yang nyaris tanpa cela? Atau karena bisnis anda yang memang unik?
Apapun itu, semua poin diatas pasti tetap menjadi pertimbangan para pelanggan sebelum mereka melakukan pembelian terhadap produk atau jasa anda. Namun, alasan utama mereka mau membeli dari anda adalah karena mereka mempercayai anda.
Pelanggan cenderung tidak mau mengambil banyak resiko saat akan melakukan pembelian dengan bisnis yang masih berskala kecil. Mereka hanya mau bertransaksi dengan bisnis yang kelihatannya sudah lebih mapan dan terpercaya. Jika demikian, bagaimana caranya membangun kepercayaan para pelanggan?
Bangunlah merk anda dengan proses branding yang baik. Lakukan inovasi secara rutin namun tetap fokus. Lakukan komunikasi secara teratur dengan pelanggan anda. Dengan cara demikian, kepercayaan pelanggan akan cepat terbentuk dan anda akan semakin mendapat banyak referensi calon pelanggan baru dari basis pelanggan lama anda.
Merk yang kuat akan membentuk persepsi yang baik pada pelanggan anda.
3. Menjalin hubungan penting terhadap berbagai pihak
Walaupun masih berukuran kecil, namun sebuah bisnis tetap harus menjalin hubungan yang baik terhadap pihak-pihak lain yang berkepentingan seperti misalnya pemasok, distributor, media, investor, perbankan, pemerintah lokal dan lain sebagainya. Mengapa demikian?
Karena cepat atau lambat, anda pasti akan melakukan hubungan bisnis dengan berbagai pihak diatas. Apakah dalam mencari jaringan distribusi, mencari pemasok yang berkualitas, mencari investor dan masih banyak lagi hal lainnya.
Dan dengan memiliki sebuah merk yang kuat dan terpercaya, anda akan lebih mudah untuk melakukan kerjasama dengan siapapun juga. Karenanya hal ini dapat dicapai jika merk yang anda bangun mempunyai nilai yang jelas dan mempunyai mutu yang tinggi.
4. Bisa mendatangkan tenaga kerja yang tepat
Masalah klasik yang sering menimpa pelaku usaha kecil adalah sulitnya mendapatkan tenaga kerja yang tepat dan berkualitas.
Bukan karena tenaga kerja seperti itu terbatas, namun lebih dikarenakan bisnis yang sedang anda bangun belum mempunyai ‘gengsi’ yang tinggi.
Karenanya, sebuah merk yang kuat akan mampu membuat banyak calon tenaga kerja berkualitas tertarik untuk bergabung dengan bisnis anda.
Mereka yakin dan percaya pada visi dan misi yang anda tanamkan di bisnis tersebut. Dan mereka mau berjuang bersama anda untuk membangun bisnis itu sampai tumbuh dengan besar.
Kesimpulannya adalah, membangun merk yang kuat sedari awal seyogyanya dilakukan oleh para pemilik usaha. Karena bagaimanapun juga, membangun sebuah merk merupakan sebuah langkah penting yang wajib untuk dipikirkan saat akan membangun usaha. Merk yang kuat akan membentuk citra yang baik bagi bisnis yang anda bangun. Sekarang, bagaimana dengan bisnis anda? Sudah kuatkah merk yang anda bangun?
Artikel ini diambil dari blog PengusahaKreatif.com dengan judul yang sama
Sumber:  http://the-marketeers.com/archives/pengaruh-merek-yang-kuat-pada-bisnis-anda.html

1 komentar:

  1. Salam Sukses,

    Jangan asal mendaftarkan merek,paten,hak cipta,desain industri,serta rahasia dagang.mengingat lamanya waktu yang di butuhkan untuk mendapatkan sertifikat merek.pastikan prosedur pendaftaran merek,paten,desain Industri,dan hak cipta anda benar agar tidak terhambat usul tolak.BAYANGKAN dan HITUNG berapa Biaya Promo serta waktu yang sudah anda habiskan demi innovasi merek tesebut yang ternyata merek tersebut terhambat usul tolak.

    konsultasikan terlebih dahulu perihal merek dagang pada http://www.ipindo.com/ konsultan hki terdaftar.

    Ipindo konsultan HKI terdaftar juga melayani jasa perpanjangan merek,pengalihan merek, jasa pendaftaran paten atau invensi (penemuan technology serta Proses), pemeliharaan paten,pendaftaran desain industri,pendaftaran hak cipta,lisensi bisnis,konsultasi bisnis dan permasalahan hki secara online.

    untuk mempermudah serta meningkatkan image brand anda,layanan satu atap kami dapat membantu anda dalam hal: desain logo,design packaging/kemasan,corporate identity,dan website.di http:www//ipbranding.co/

    BalasHapus